Tuesday, June 2, 2009

Manfaat dari senyuman dua jari

Pujian dapat menghemat uang kita, mempererat hubungan, dan menciptakan kebahagiaan.Kita perlu lebih sering menaburnya ke sekitar kita. Orang yang paling sulit untuk kita puji adalah diri kita sendiri. Saya dibesarkan untuk percaya bahwa memuji diri sendiri akan membuat kita besar kepala. Bukan begitu. Yang benar adalah menjadi besar hati. Memuji kualitas baik dari diri kita sendiri berarti membesarkan hati dengan cara yang positif.

Saat saya masih mahasiswa, guru meditasi pertama saya memberikan sebuah nasihat untuk dipraktikkan. Awalnya beliau menanyakan apa yang pertama-tama saya lakukan begitu bangun pagi.

"Pergi ke kamar mandi," kata saya.

"Apa ada sebuah cermin di kamar mandimu?" tanya beliau.

"Tentu."

"Bagus," katanya. "Nah, setiap pagi, bahkan sebelum kamu menggosok gigi, saya ingin kamu menatap cermin dan tersenyum kepada dirimu sendiri."

"Pak!" saya mulai protes. "Saya ini mahasiswa. Kadang-kadang saya tidur sangat larut, dan bangun dengan perasaan kurang enak. Pada pagi-pagi tertentu, bahkan saya ngeri melihat wajah di cermin, boro-boro tersenyum."

Beliau terkekeh, menatap mata saya dan berkata,

"Jika kamu tidak bisa tersenyum secara alami, kamu dapat memakai dua jarimu, taruh di kedua sudut mulut, dan tekanlah ke atas. Seperti ini," Beliau menunjukkan caranya.

Beliau jadi terlihat menggelikan. Saya terkekeh-kekeh melihatnya. Beliau menyuruh saya untuk mencobanya, dan saya menurutinya.

Pada pagi berikutnya, saya menarik turun diri saya dari tempat tidur, melangkah terhuyung-huyung ke kamar mandi. Saya menatap diri saya di cermin. "Arrrgh!" Itu bukan pemandangan yang manis. Sebuah senyum alamitidak bisa muncul. Jadi saya meletakkan dua jari telunjuk di kedua sudut mulut dan menekannya ke atas. Lantas saya melihat seorang mahasiswa muda bodoh menampilkan wajah tololnya dicermin, dan saya tak tahan untuk tak tersenyum. Begitu muncul sebuah senyum alami, saya melihat mahasiswa di cermin tersenyum kepada saya. Saya pun tersenyum lebih lebar lagi, dan orang yang di cermin pun membalas dengan senyum yang lebih lebar juga. Dalam beberapa detik, kami mengakhirinya dengan tertawa bersama-sama.

Saya terus mempraktikan nasihat itu setiap pagi selama dua tahun. Setiap pagi, tak peduli bagaimana perasaan saya saat bangun, saya segera tertawa begitu melihat diri saya di cermin, biasanya sih dengan bantuan dua jari. Sekarang orang bilang saya banyak senyum. Barangkali itu karena otot-otot di sekitar mulut saya jadi menetap dalam posisi seperti itu.

Kita dapat mencoba trik dua jari kapan saja, terutama bermanfaat ketika kita merasa sakit, bosan, atau tertekan. Tertawa telah terbukti bisa melepaskan hormon endorfin ke dalam aliran darah kita, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan membuat kita merasa bahagia.

Hal itu akan membantu kita melihat 998 bata bagus di tembok kita, bukan hanya dua bata jelek. Dan tertawa dapat membuat kita terlihat rupawan.

Sudahkah Anda mencobanya??.

2 comments:

aa' mil said...

Asyik PERTAAAAAMMMAAAAA Bos...

WAh tipsnya bisa langsung dicoba dulu nih, agar bisa tampil lebih tampak bersahabat....

Bos utk ikutan kontes SEO anda nggak perlu daftar (walau beberapa kontes ada yg minta anda jadi pengikutnya), untuk lebih jelas langsung klik link yg ada dimasing2 postingan kontes SEO aku disini:

http://www.abdulkamil.com/2009/05/belajar-seo-para-pemula.html

http://www.abdulkamil.com/2009/05/wisata-seo-sadau.html

http://www.abdulkamil.com/2009/05/kontes-seo-aristia-wida-rukmi.html

Wisata SEO Sadau said...

Mencoba tetap tersenyum, hmmm.... ide yg menarik tuh

:)) ;)) ;;) :D ;) :p L( J L :X =(( :-o :-/ :-* K 8-} J] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment