Saturday, June 13, 2009

Menampilkan kode script dalam artikel

Bila kita membuat suatu artikel tutorial tentang blogger, web design atau apapun yang membutuhkan kita ikut menyertakan kode script kedalam artikel maka kode script tersebut tidak bisa ditulis dengan cara yang biasa. Karena hasil setelah publish tidak akan sama lagi dengan yang kita ketikan sebelumnya.

Umumnya blog akan membaca “<” sebagai suatu tag pemograman, sehingga kode tersebut malah di execute bukan ditampilkan. Ini yang namanya karakter khusus dalam HTML, untuk itu jika kita ingin menampilkan karakter tersebut maka yang perlu kita ketikan adalah kode pengantinya, berikut beberapa karakter khusus yang sering digunakan dalam HTML.

&quot;

Tanda petik (quote)

"

&amp;

Tanda dan (ampersand)

&

&frasl;

Slash

&lt;

Kurang dari (less than)

<

&gt;

Lebih dari (greater than)

>

&nbsp;

Spasi


&copy;

Copy right

©

Sebagai contoh, jika anda ingin menampilan, <table>
maka yang seharusnya anda ketik adalah &lt;table&gt;

Untuk kode yang panjang dan bertele-tele ( banyak sekale…), anda bisa mengunakan Notepad/Wordpad untuk mengkonversi script anda tersebut.

Cara ne… Copy kan semua script tersebut kedalam Notepad, dan tekan CTRL+H ( atau dari menu Edit>Replace…). Perhatikan gambar berikut:

menampilkan-kode-script

Sekarang copykan lagi dari Notepad script yang sudah di “Replace All” tersebut kedalam artikel melalui menu posting “Edit HTML”. Nah, bukankah kode-kode scriptnya sudah tampil sesuai harapan… ^_^!

3 comments:

pututik said...

hmm, unik juga

casual cutie said...

ck ck ck..bs langsung diterapkan nih!!

Znipers Blog said...

@putitik, hah... masak iya -_-?

@casual cutie, silakan2.... ^_^!

:)) ;)) ;;) :D ;) :p L( J L :X =(( :-o :-/ :-* K 8-} J] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment