Wednesday, May 6, 2009

Waspada Flu Babi atau Swine Influenze

Flu Babi atau Swine Influenze bukanlah bentuk lain dari Flu Burung. Penyakit yang menyerang pernapasan ini biasanya ditemukan hanya pada babi, jarang sekali ditemukan pada manusia. Kemungkinan telah terjadi mutasi pada virus ini dan mulai menjangkiti manusia, dan dikatakan bahwa ia dapat menular melalui udara bisa melalui batuk dan bersin, arti nya ia dapat menular dari manusia ke manusia. Ini adalah kabar yang tidak mengembirakan.

sampai saat ini masih belum ditemukan vaksin yang khusus untuk virus ini, terhadap kasus-kasus yang sudah parah hanya dilakukan perawatan dengan memakai anti-virus. Kebanyakan kasus Flu Babi ini terjadi di Meksiko, namun tidak menutup kemungkinan virus ini telah menyebar keluar dari Meksiko.

"Pada manusia, gejala Flu Babi adalah serupa influenza pada umumnya, rasa nyeri dingin, demam, kerongkongan terasa gatal ( sakit ), sakit otot, sakit kepala yang menjengkelkan, batuk, merasa lelah (lemah) dan rasa gelisah seperti pada umumnya" - Wikipedia.org

Berbagai pencegahan penularan telah dilakukan oleh beberapa negara di Asia, diantaranya adalah monitoring arus masuk dari luar yang dilakukan dibandara, pelabuhan, dan perbatasan antar negara dengan cara penyemprotan disinfektan pada kabin pesawat-pesawat yang datang dari luar negeri serta pengukuran suhu tubuh penumpangnnya.

Berdasarkan penuturan salah satu teman saya di Singapura, dalam rangka mengatasi dan mencegah Flu Babi atau Swine Influenze ini maka semua sekolah-sekolah disana telah melakukan pengukuran suhu tubuh murid-murid nya, dan juga dilakukan monitoring atas kondisi suhu tubuh mereka, ini merupakan salah satu tanggapan pemerintah yang sangat cepat dalam menangani wabah ini, karena mereka sudah pernah melewati masa-masa wabah SARS sebelum nya.

Jika, anda memiliki gejala-gejala diatas, maka tidak ada salah memeriksakan diri ke dokter. Pencegahan selalu lebih baik dari pengobatan.

Waspadalah... Waspadalahh... Waspadalahhh...

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p L( J L :X =(( :-o :-/ :-* K 8-} J] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment