Sunday, May 3, 2009

Membuat dan merubah blockquote menjadi lebih unik

Blockquotes diperlukan untuk lebih menonjolkan bagian-bagian penting dalam suatu artikel, disamping itu juga merupakan salah satu teknik supaya pembaca tidak bosan membaca suatu artikel yang penuh dengan text.

Beberapa template blogger yang didownload bebas di internet, umumnya sudah membuat blockquotes template tersebut berbeda dengan yang bawaan dari blogger, namun juga tidak semua template-template tersebut mengubahnya menjadi demikian. Untuk itu trik kali ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat atau mengubah blockquotes supaya tampil beda dengan blockquotes bawaan blogger, seperti contoh dibawah ini.

Ini adalah blockquote yang akan kita buat, text ini berada dalam tag <blockquote> dan </blockquote>, sehingga text ini kelihatan lebih unik dari text yang lainnya dalam artikel ini. Andapun dapat membuatnya, silakan dibaca ampe selesai dulu.

Nah, apakah anda tertarik ? jika iya, silakan silakan perhatikan kode berikut ini:

blockquote {
padding: 10px 10px 0 10px;
border-top: 1px solid #ddd;
border-bottom: 1px solid #ddd;
background: #eee;
font:1.0em Arial;
line-height:1.5em;
margin:10px 0px;
}

Jika template yang digunakan telah mengubah blockquote, maka silakan cari kode tersebut dan anda dapat mengubahnya sesuai selera anda. Jika belum, maka copy kan kode tersebut di antara <head> dan </head>.

Supaya tampil dalam blockquote, maka artikel yang ditulis harus berada diantar tag <blockquote> dan </blockquote>
contoh:

<blockquote>
Penggalan artikel ini dalam blockquote
</blockquote>
dan ini diluar blockqoute

Anda dapat melakukan beberapa eksperimen sendiri supaya mendapatkan warna blockquote yang cocok dengan warna website/blog anda.

Silakan komentarnya untuk trik ini dan Selamat berkreasi…

1 comments:

krisnaWN said...

:)) berguna banget sob infona..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p L( J L :X =(( :-o :-/ :-* K 8-} J] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment