Thursday, July 9, 2009

You Yang Za Zu

Semua orang di seluruh dunia,baik tua maupun muda, pasti tahu tentang kisah dongeng Cinderella yang terkenal dari negara barat, tapi tidak semuanya tahu asal usul yang sebenarnya dari kisah dongeng Cinderella yang terkenal itu. Ternyata, asal usul cerita Cinderella berasal dari negeri tirai bambu, Tiongkok pada waktu ribuan tahun lamanya. Cerita Cinderella adalah cerita rakyat dari suku minoritas Tiongkok, yaitu suku Zhuang yang selalu diceritakan dari generasi ke generasi selama ribuan tahun lamanya dengan judul Yeh Xian (nama gadis dari Cinderella).

Ceritanya hampir sama dengan yang versi barat punya. Kalau versi dari Tiongkok punya (suku Zhuang punya) dikisahkan ada seorang gadis bernama Yeh Xian tinggal dengan ibu tiri dan saudara tirinya. Seperti cerita Cinderella versi barat, Yeh Xian disiksa oleh ibu tiri dan saudara tirinya. Kasihan Yeh Xian yang selalu sendirian. Untungnya, pada suatu hari dia menemukan seekor ikan yang bisa dijadikan sebagai teman oleh Yeh Xian. Semenjak dia menemukan seekor ikan, dia tidak kesepian lagi, tapi ibu tiri dan saudara tirinya Yeh Xian tidak senang melihat Yeh Xian seperti itu, maka ketika Yeh Xian tidak ada, ikan tersebut dicuri lalu dimasak dan dimakan oleh mereka.

Ketika Yeh Xian mengetahui bahwa teman satu-satunya, yaitu seekor ikan telah mati dibunuh dan dimakan ibu tiri dan saudara tirinya, dia merasa sedih sekali. Tulang2 dari ikan tersebut dia taruh di sebuah kotak dan dia berdo'a untuk ikan tersebut.Tiba-tiba kotak tersebut bersinar. Yeh Xian melihat hal ini agak heran. Tapi dari sini, tiap Yeh Xian memohon suatu permohonan dengan berdo'a pada ikan tersebut, permohonannya selalu terkabulkan.

Pada suatu hari ada perayaan festival.Yeh Xian meminta baju yang layak untuk bisa ikut festival tersebut dan permintaan dia terkabulkan. Dia pergi ke festival dengan mengenakan gaun khas suku Zhuang yang indah dengan sepatu yang berwarna emas (kalau versi barat, sepatu kaca). Lalu, Yeh Xian pun terburu-buru pulang pada malam harinya sehingga salah satu sepatunya terlepas. Sepatu yang terlepas itu ditemukan oleh seorang yang melewati daerah di mana sepatu itu terlepas. Kemudian, sama orang ini, sepatu tersebut dijual di negeri seberang, terus pangeran dari negeri seberang itu merasa tertarik untuk mengembalikan sepatu emas tersebut kepada pemiliknya. Akhirnya, pangeran tersebut menemukan orang yang punya sepatu emas tersebut, yaitu Yeh Xian. Sang Pangeran jatuh cinta dan menikahi Yeh Xian dan hidup bahagia selamanya.

Cerita rakyat suku Zhuang ini, dalam bidang sastra Tiongkok, ditulis pertama kalinya oleh salah satu pelajar pada masa dinasti Tang yang bermarga Duang. Beliau menulis cerita ini berdasarkan dari cerita yang diceritakan oleh pembantunya ketika pembantunya menceritakan kisah Yeh Xian ini pada Beliau, Beliau merasa tertarik dengan cerita tersebut sehingga Beliau menulisnya di sebuah buku dan diberi judul You Yang Za Zu.

You Yang Za Zu termasuk karya sastra Tiongkok kuno yang terkenal lalu pada jaman dinasti Ming, tepatnya ketika Laksamana Ceng Hou masih hidup, Marcopolo pernah singgah ke Tiongkok, maka kisah itu dibawa oleh Marcopolo ke negaranya mungkin dari itu, muncullah berbagai versi Cinderella di negeri barat sana.


4 comments:

aziza said...

Horee...Cerita baru, neh. Dishare gpp, khan ^_^

Anonymous said...

Great article, I found your website always full of interesting and great content.

I will keep checking back!

http://www.yooblu.co.cc/

Znipers Blog said...

@aziza, yup gpp kok.
@Anonymous, I will wait till your next visit.

WISE GUY said...

Hau..ceritane seru.. msha adalg ga...jgn lupa kirim terus yo.. crita2 ne.. py.. msh ndek batam po...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p L( J L :X =(( :-o :-/ :-* K 8-} J] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment