Monday, May 11, 2009

Mengenal Gaya Hidup Penyebab Stress

Hindari! Gaya Hidup Penyebab stress Apa yang anda lakukan untuk mengatasi stress ? berlibur atau belanja ? Ada berbagai aktivitas lain yang pasti membantu Anda melupakan masalah yang membuat Anda depresi.

Setiap orang pasti pernah stress dan hal itu wajar. Namun tanpa pernah disadari, gaya hidup yang anda jalani juga membuka peluang lebih besar untuk stress. Gaya hidup seperti apa yang berpotensi membuat seseorang menjadi stress ?

TERLALU BANYAK BEKERJA TANPA KESEIMBANGAN
Anda mengaku seorang workaholic ? Tidak masalah jika workaholic itu berjalan seimbang dengan kehidupan Anda yang lain seperti melakukan olahraga, hobi atau hal-hal diluar pekerjaan. Bekerja giat tanpa jeda sangat memungkinkan untuk membuat Anda stress. Karenanya, meskipun Anda memiliki jadwal sibuk, selipkan dalam Kesibukan Anda sedikit aktivitas yang Anda sukai dan tidak perlu harus keluar kantor.

RUTINITAS YANG MONOTON
Walaupun tidak membuat Anda pusing tujuh keliling, namun jadwal kegiatan yang monoton dan rutin dapat mengerikan emosi ataupun suasana hati Anda. Rutinitas membuat Anda seperti dalam hidup dalam auto mode dan membuat Anda tidak bisa menikmati hari-hari Anda. Anda menjadi sensitif, merasa buntu, sehingga stress tersebut muncul. Pecahkan rutinitas kehidupan Anda agar hidup lebih dinamis.

TIDAK ADA SUPPORTIVE RESOURCES
Anda memang " Person in Charge ", tapi Anda kan tidak bekerja sendirian saja. Menampung tanggung jawab besar sangat mungkin membuat Anda terbebani. Pemikiran seperti "jika Anda cuti sehari, maka semua pekerjaan menjadi berantakan" justru membuat Anda stress dan depresi. Percayalah kepada rekan-rekan Anda. Jika pekerjaan Anda terlalu banyak, mengapa tidak Anda delegasikan saja tugas tersebut kepada rekan Anda ?! Beban Anda akan berkurang.


GBU

2 comments:

Wisata Seo Sadau said...

Berkunjung lagi nih, senang baca artikel kesehatan di sini, sayang gak ada lagi tips kayak terapi pernafasan kmrn ya? mantap banget tuh, terbukti efektif.

Kalo bicara masalah stress saya paling merasa point kedua tuh, rutinitas yang monoton asli bikin mood kita ngedrop

Zniper said...

@Wisata Seo Sadau, Setuju... Kegiatan monoton memang buat stress, cuma kalau monotonnya nerima dollar dari GA sih lain cerita ( he3 $_$).

So pasti ada artikel lainnya, ditunggu ya mas...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p L( J L :X =(( :-o :-/ :-* K 8-} J] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment